Tips Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Makan Kentang

KLIKQQ – Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet.

Rasanya yang enak, bisa diolah menjadi apa saja, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain membuat kentang menjadi salah menu pilihan saat sedang diet. Bahkan ada metode diet kentang. Metode ini diyakini cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari US News, kentang merupakan bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Biasa digunakan untuk pengganti nasi, kentang tergolong umbi-umbian karena ditanam di dalam tanah.

Ada banyak jenis kentang, namun yang populer di Indonesia adalah kentang berwarna kuning cerah. Kentang bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, maupun dikukus.

Kalau Anda sedang ingin menurunkan berat badan, kentang bisa digunakan sebagai alternatif makanan enak. Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, kentang bisa membuat Anda merasa kenyang walaupun tidak makan nasi.

Cara diet kentang cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi kentang sepanjang hari sebanyak sekitar 1-2,5 kilogram kentang per hari.

Tanpa Pakai Minyak

Ada banyak variasi diet kentang tapi yang populer adalah dari penulis Tim Steele, yaitu hanya mengonsumsi kentang variasi putih dengan tidak menggunakan makanan lain. Metode memasak yang boleh digunakan adalah memanggang, mengukus, dan merebus, tanpa menggunakan minyak.

Diet kentang bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses pencernaan, dan meningkatkan sumber energi pada tubuh Anda.

Itu karena kentang kaya akan nutrisi seperti adanya vitamin B6, vitamin C, serta kalium. Dalam satu kentang berukuran sedang yang dikonsumsi bersama kulitnya, hanya menghasilkan 110 kalori. Selain itu kentang juga mengandung 2 gram serat, 3 gram protein, natrium, dan rendah lemak.

Kalau sudah merasa jenuh hanya makan kentang saja, Anda bisa menambahkan sumber protein (seperti ikan) dan lemak sehat (seperti minyak zaitun), yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dalam kentang.

Tinggalkan Balasan