Tempat Isolasi RS Rujukan Corona di Jakarta Terisi 81 Persen

KlikQQ – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini kapasitas tempat tidur isolasi di sejumlah rumah sakit rujukan virus corona (Covid-19) di Jakarta sudah mencapai 81 persen. Angka tersebut menurutnya masih perlu ditekan.

Anies mengatakan tingkat keterpakaian ruang isolasi dan ICU khusus Covid harus terus ditekan hingga di bawah 60 persen, sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

“Dari jumlah tempat tidur isolasi sebanyak 4.812, hingga 23 September, persentase keterpakaiannya sebesar 81 persen,” kata Anies lewat keterangan tertulis, Kamis (24/9).

Sementara itu, jumlah tempat tidur ICU di RS rujukan, dari total 695 unit, persentase keterpakaiannya sebesar 74 persen hingga 23 September.

Menurut Anies, tingkat keterisian tempat tidur isolasi dan ruang ICU di RS rujukan itu meningkat seiring dengan meningkatnya kapasitas tes di Jakarta.

Ia mengatakan, Jakarta telah melakukan tes PCR terhadap 857.863 orang atau 80.588 orang per sejuta penduduk hingga 23 September. Kapasitas tes di Jakarta per minggu lebih dari 6 kali lipat standar WHO.

WHO diketahui menetapkan standar jumlah tes ideal bagi setiap wilayah sebanyak 1 orang per 1.000 populasi setiap minggu.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta menggandeng sejumlah rumah sakit pusat, TNI/Polri, BUMN, dan Swasta untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur. Namun, upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona juga perlu terus dilakukan.

Tinggalkan Balasan