Mitsubishi Xpander 4WD Tantang Reli Dunia

KlikQQ –  Rifat Sungkar, duta merek Mitsubishi di Indonesia, menginisiasi Xpander mengikuti balapan reli internasional pada tahun ini. Ide itu didukung Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) lantas melahirkan Xpander Rally Team yang diresmikan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Kamis (21/7).

Rifat bakal berperan sebagai pebalap Xpander versi reli yang didukung navigator M. Redwan. Xpander Rally Team rencananya bakal memulai debut balapan internasional di NZRC Goldrush Rally of Coromandel yang akan digelar di Moewai Park Whitianga, Selandia Baru, pada 16-17 Agustus 2019.

Rifat menjelaskan Xpander bakal mengikuti kelas baru bernama AP4 yang digelar untuk kawasan Asia Pasifik. Menurut dia regulasi AP4 mengharuskan mobil yang mengikuti ajang ini 80 persen tetap menggunakan bodi asli, namun bagian suspensi dan sistem gerak bisa disesuaikan.


“Ketika mengendarai Xpander, saya punya feeling dari awal mobil ini ada hubungannya dengan mobil yang biasa saya pakai yaitu Evolution. Pada 2017, saya ngbrol dengan insinyur Jepang dan memang banyak geometri Xpander yang mirip dengan Evo,” kata Rifat.

Xpander AP4 milik Xpander Rally Team telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga sesuai regulasi AP4. Rifat mengungkap memakai mesin 4B11 2.000 cc milik Mitsubishi yang sudah teruji buat ajang reli.

Namun mesin itu dirombak menggunakan kit khusus hingga kapasitasnya turun menjadi 1.600 cc agar pas dengan regulasi. Bagian girboks dan suspensi memakai komponen mandatori dari AP4, namun menurut Rifat telah dilakukan penyesuaian.

Bodi kit yang bikin tampilan Xpander AP4 makin garang bukan hiasan, setiap lekuk plus sayap besar di belakang berperang penting untuk downforce saat balapan.

Balapan di Selandia Baru kata Rifat bakal jadi lahan uji coba buat Xpander AP4 yang telah berubah menjadi mobil 4WD.

“Saya sadar bayi baru lahir enggak bisa langsung lari. Mudah-mudahan acara pertama yang membawa misi kemerdekaan bisa membawa positif dari kami,” ucap Rifat.

Bukan cuma balapan di laga internasional, Xpander Rally Team juga dijadwalkan mengikuti berbagai balapan rally sprint nasional.

Intan Vidiasari, Deputy General Manager Coordination and Development Office MMKSI, menjelaskan, perusahaan ingin mengeksplorasi kemampuan Xpander lebih jauh dari sekadar kendaraan keluarga sehari-hari. Salah satu wujudnya menjadikan Xpander sebagai mobil reli.

“Hasil reli ini akan dijadikan laboratorium alam dan dilaporkan agar bisa dikembangkan lagi Xpander. Tahun ini akan ada kejutan dan jembatannya dari reli ini,” ujar Intan.

Tinggalkan Balasan