Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan Tubuh – Siapapun yang suka menikmati hal-hal berbau Korea, pastinya tidak asing lagi dengan kimchi.

Kimchi merupakan makanan khas Korea berbahan sayuran kubis, saus ikan, cabe Korea, dan lobak.

Makanan ini adalah lauk yang rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan nutrisi.

Tidak hanya menjadi makanan pokok bagi orang Korea, kimchi juga menawarkan manfaat kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan hingga mencegah kanker.

Manfaat Kimchi

Berikut manfaat kesehatan dari kimchi:

1. Kesehatan pencernaan

Sebuah penelitian dari The Journal of the Science of Food and Agriculture pada 2011, menemukan bahwa kimchi memberikan sumber probiotik yang bermanfaat bagi proses fermentasi dalam pencernaan.

Proses fermentasi ini akan membuang limbah racun, membersihkan usus, serta mencegah sembelit.

2. Mengatur kolesterol

Sebuah penelitian berjudul ‘Kimchi, a fermented vegetable, improves serum lipid profiles in healthy young adults: randomized clinical trial’ menyatakan bahwa kimchi membantu menurunkan kolesterol, jika dikonsumsi secara teratur.

Bawang putih pada kimchi kaya akan selenium dan allicin. Allicin berguna menurunkan kadar kolesterol, mencegah serangan jantung, dan mencegah stroke. Agen Domino 99

Manfaat Kimchi Lainnya

3. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian tahun 2011 dari The Nutrition Research Journal from New York, bakteri lactobacillus sehat dalam kimchi membantu menurunkan berat badan, mengendalikan nafsu makan, dan mengurangi kadar gula darah.

Kandungan serat pada kimchi membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa kenyang.

Kimchi untuk Kekebalan Tubuh

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah buku berjudul ‘Handbook of Food and Beverage Fermentation Technology’ menjelaskan kimchi berhasil membantu memerangi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh ini membantu mencegah tubuh terkena berbagai macam penyakit, seperti gejala pilek dan flu.

Kimchi Cegah Kanker

5. Mencegah kanker

Sebuah jurnal dari Journal of Medicinal Food tahun 2004, mengungkapkan bahwa sayuran kubis pada kimchi mengandung flavonoid, yang diketahui menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tinggalkan Balasan