Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Sebelum Tidur

     KlikQQ – Sebagian orang memiliki kebiasan makan sebelum tidur. Padahal hal tersebut kadang memiliki efek tidak baik pada tubuh.

Efek yang ditimbulkan dari makan sebelum tidur berbagai macam. Mulai dari mempengaruhi sistem pencernaan hingga membuat Anda sulit tidur. Melansir dari Reader’s Digest, hindari konsumsi makanan berikut sebelum tidur:

1. Makanan yang digoreng

Hindari makan makanan yang digoreng sebelum tidur. Makanan berminyak masuk ke dalam tubuh jauh lebih lambat dibanding protein dan karbohodrat. Hal ini akan membuat tubuh Anda bekerja lebih berat sebelum tidur.

“Anda tidak menginginkan sistem pencernaan untuk tetap bekerja saat tubuh ingin beristirahat,” kata Konsultan Perilaku Tidur Richard Shane.

2. Saus Pedas

Ada dua alasan untuk menghindari konsumsi saus pedas sebelum tidur. Dokter Shane mengatakan alasan pertama ialah saus pedas dapat menyebabkan perut iritasi serta menyebabkan heartburn sehingga Anda sulit tidur.

Ketua Charlottesville Neurology and Sleep Clinic and Penulis Buku The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It Christopher Winter mengatakan bahwa baus pedas juga dapat menyebabkan tubuh menghasilkan histamines.

“Anti histamines membuat Anda mengantuk. Sedangkan histamine membuat Anda sulit tidur,” kata Winter.

3. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur merupakan hal tidak baik. Minum satu atau dua gelas wine kemungkinan akan membuat Anda merasa mengantuk. Namun, Anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dokter Shane mengatakan bahwa saat Anda tidur, liver masih bekerja keras untuk menghilangkan alkohol dari sistem tubuh.

“Ada hubungan antara liver dan jantung Anda. Jantung Anda akan berdetak lebih kencang dan hal tersebut akan membuat Anda terbangun,” kata dokter Shane.

Setelah Anda bangun dari tidur, permasalahan detak jantung tersebut akan membuat Anda sulit untuk tidur kembali. Hindarilah konsumsi alkohol sebelum tidur.

4. Cokelat

Anda mungkin tidak akan mengonsumsi kopi sebelum tidur tetapi kopi bukanlah satu-satunya sumber kafein. Misalnya seperti cokelat. Dalam 1 ons cokelat memiliki 23 mg kandungan kafein yang setara dengan seperempat cangkir kopi. Anda tidak harus berhenti mengonsumsi makanan manis tapi hindarilah konsumsi cokelat sebelum tidur.

5. Air Putih

Air putih dapat menghidrasi tubuh. Saat Anda tidur sebaiknya Anda mengurangi konsumsi air putih sehingga Anda tidak harus bangun di malam hari untuk pergi ke toilet.

“Minumlah air putih secara bertahap hingga waktu makan malam dan pastikan tubuh memiliki kebutuhan konsumsi air putih yang tercukupi. Anda tentu tidak menginginkan untuk tidur dalam keadaan haus dan harus minum banyak nantinya,” kata dokter Shane.

Tinggalkan Balasan