Bangkok Destinasi Favorit Turis Asing, Bali Posisi ke-19

KlikQQ – Ibu kota Thailand, Bangkok, menyisihkan Paris dan London sebagai destinasi wisata paling populer di dunia pada tahun ini, menurut sebuah survei yang dirilis pada hari Rabu (4/9).

Bangkok dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara selama empat tahun berturut-turut, dengan kedatangan sekitar 22,8 juta orang yang dilaporkan dalam peringkat tahunan oleh MasterCard Inc.

Paris dan London berada di peringkat kedua dan ketiga, masing-masing dengan sekitar 19,1 juta kedatangan turis mancanegara, disusul oleh Dubai dengan 15,9 juta.

Kota-kota Asia Tenggara lainnya, Singapura dan Kuala Lumpur berada di peringkat keempat dan kelima, berdasarkan penelitian pihak ketiga, analisis kepemilikan, dan data publik di 200 kota dunia.

New York, Istanbul, Tokyo, dan Antalya, Turki, berada di peringkat 10 besar.

Jumlah turis mancanegara di 200 kota tercatat tumbuh 76 persen dalam 10 tahun terakhir.

Meskipun Bangkok sudah lama menempati puncak daftar tersebut, industri pariwisata Thailand menghadapi kekhawatiran dengan jumlah kedatangan turis tahun-ke-tahun turun 1,03 persen pada Mei sebelum pulih untuk tumbuh 0,89 persen pada Juni dari tahun sebelumnya.

Sementara itu Bali menempati posisi ke-19, di bawah Palma de Mallorca (Spanyol) dan di atas Hong Kong.

Pariwisata menyumbang sekitar 12 persen dari ekonomi Thailand.

Namun, pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang lebih lemah dan kecelakaan kapal tahun lalu menyebabkan penurunan kedatangan turis China di Thailand pada paruh pertama tahun ini.

Penurunan jumlah turis dari China sebagian diimbangi oleh kedatangan turis India.

Thailand mengharapkan untuk menyambut 2 juta wisatawan India pada 2019, gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn, mengatakan kepada Reuters, seraya menambahkan ini satu tahun lebih awal dari target.

Pada bulan Agustus, pemerintah memperpanjang “promosi” biaya visa 2.000 baht (sekitar Rp981 ribu) untuk visa on arrival bagi wisatawan dari 18 negara termasuk dari China dan India.

Tinggalkan Balasan