Apple akan Hadirkan Fitur Mode Gelap di iOS 13 di Ajang WWDC 2019

Apple akan Hadirkan Fitur Mode Gelap di iOS 13 di Ajang WWDC 2019

Apple akan Hadirkan Fitur Mode Gelap di iOS 13 di Ajang WWDC 2019

Netizen99.net – Gelaran konfersi developer Apple atau WWDC 2019 tinggal menghitung hari di awal pekan depan.

Kuat dugaan iOS 13 akan dirilis dalam acara ini. Salah satu fitur yang paling ditunggu dari iOS 13 adalah mode gelap atau dark mode.

KLIKQQ – Indikasi mode gelap iOS 13 semakin kuat kala Apple meyebebar undangan WWDC dengan nuansa warna gelap biru navy. Penampakan model gelap di iOS 13 pun belakangan sudah beredar.

Rupanya, alih – alih biru navy, warna yang diusung dalam tangkapan layar dark mode di iOS 13 lebih condong ke warna hitam pekat yang tampak lebih apik di panel OLED. Hal itu tampak pada tangkapan layar di menu musik.

Mode Gelap iOS 13 kabarnya akan bisa diaktifkan melalui aplikasi “Setting” atau opsi “Control Center” untuk jalan pintas. Salah satu efek perubahan mode gelap terlihat di bagian dock, deretan aplikasi yang ada dibawah layar.

Aplikasi – aplikasi tersebut dikelilingi background dengan warna gelap yang lebih terang. Kemungkinan, Apple akan meyediakan wallpaper lain yang lebih cocok dengan mode gelap.

Mode gelap memang menjadi favorit belakangan ini. Selain dianggap lebih di mata, mode ini juga bisa menghemat daya, khususnya untuk panel OLED karena layarnya tidak perlu banyak mengkonsumsi listrik untuk menyinari piksel yang gelap.

Perubahan lain di iOS 13 ditemukan saat melakukan tangkapan layar. Saat mengambil foto dari layar, wallpaper akan berubah menjadi blur dan dibawahnya terdapat deretan alat editing yang lebih jelas.

Desain yang sama juga akan disematkan pada iPad dengan background yang putih yang membulat disdut kanan dan kiri. Di iPad, alat edit tersebut bisa digeser ke seleuruh permukaan layar.

Perubahan lebih beasr juga ditemukan di aplikasi Reminders. Sidebar aplikasi tampak lebih luas dengan beberapa ikon menu seperti “Today,”Scheduled”, “Flagged”, dan “All” yang terpisah.

Di sisi atas terdapat kolom pencarian dan daftar pengingat pengguna. Perombakan desain aplikasi Reminders di iOS 13 (9to5mac) jenis huruf (font) yang digunakan adalah SF UI yang diperkenalkan Apple pada iOS 12.2.

Selain di iOS 13, perimbakan desain Reminders ini akan hadir di mcOS 10.15 seperti dirangkum 9to6Mac.

Aplikasi Find My Friends dan My iPhone juga dipadukan mejjadi “Find My”. Aplikasi ini telah mendapat peningkatan fitur yang signifikan di iPad.

Misalnya saja, peta berukuran beasr yang memeuhi layar ponsel dengan jendela kecil di sudut layar. Jendela tersebut berisi daftar kontak keluarga dan teman – teman pengguna serta tab lainnya.

Saat mode gelap diaktifkan, peta juga akan ikut berubah warna menjadi gelap. Seperti yang dikatakan sebelumnya, iOS 13 kemungkinan akan meluncur saat WWDC 2019 pada 3 – 7 juni besok di San Jose, Amerika Serikat.

Progeam beta gelombang pertama kemudian akan segera hadir tidak lama setelah rilis.

Tinggalkan Balasan