7 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan, Alpukat sampai Ubi

KlikQQ – Asupan makanan merupakan salah satu faktor penentu kesuburan seseorang. Sebagian pasangan bakal benar-benar mengusahakan kehamilan melalui dengan kontrol asupan makanan harian. Bahkan, kadang konsumsi alkohol pun sama sekali tidak masuk hitungan.

Meski demikian, Jayne Williams, ahli nutrisi, mengamati masih banyak perempuan yang kurang menyadari bahwa selain asupan makanan, kesuburan juga dipengaruhi gaya hidup dan tingkat stres.

“Konsumsi makanan yang mendukung kesuburan termasuk makanan secara utuh, protein seimbang, lemak sehat dan serat bisa mendukung kesehatan mikroba usus, mengatur hormon dan menurunkan stres, ketiganya penting untuk mempersiapkan tubuh untuk kehamilan,” jelas Williams mengutip dari Glamour.

Tak ada salahnya memperhatikan satu faktor terlebih dulu. Demi meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan, setidaknya ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda.

Berikut daftar makanan untuk meningkatkan kesuburan.

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang baik dikonsumsi jika ingin meningkatkan kesuburan. Lindsey Becker, certified health coach menjelaskan bahwa alpukat kaya akan vitamin E yang menurut studi dapat meningkatkan lapisan rahim.

“Alpukat juga mengandung lemak sehat, tinggi potasium, folat, dan vitamin K yang membantu tubuh Anda untuk menyerap vitamin lain dengan maksimal,” imbuh dia.

Alpukat bisa dikonsumsi bersama roti panggang atau sesederhana ditambahkan pada smoothie. Becker berkata menambahkan alpukat pada smoothie bakal membuat smoothie lebih mirip milkshake.

2. Biji bunga matahari

Persoalan kesuburan tidak melulu dititikberatkan pada perempuan. Laki-laki pun perlu meningkatkan kesuburan dengan konsumsi biji bunga matahari. Konsumsi biji bunga matahari mampu meningkatkan mobilitas dan jumlah sperma.

Biji bunga matahari bisa Anda jadikan camilan atau ditaburkan pada smoothie, salad atau roti selai.

3. Telur

Selain tinggi protein, telur juga bakal mendongkrak kesuburan Anda. Becker menjelaskan telur kaya akan kolin yang punya dampak signifikan pada perkembangan janin. Telur pun bisa dimasukkan dalam menu harian mulai dari sarapan bahkan sampai camilan di sela makan besar.

“Santap sarapan dengan omelet sayuran atau sebatas telur panggang di dalam belahan alpukat,” imbuhnya.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau wajib masuk ke menu harian. Misalnya, kale, bayam dan, brokoli. Kandungan kalsium, zat besi, dan folat merupakan nutrisi penting untuk mempersiapkan kehamilan juga menyediakan kebutuhan serat.

“Memasukkan sayuran hijau ke diet harian ada banyak cara. Mulai dari dikonsumsi mentah di salad, tumis, blanched (dibilas dengan air panas), dan dikukus. Cukup segenggaman tangan,” ungkap Williams.

5. Sarden

Jika salmon buat Anda cukup mahal, maka sarden pun bisa jadi pilihan. Sarden juga mampu memberikan asupan asam lemak omega 3 untuk meningkatkan kesuburan perempuan. Sarden bisa diperoleh segar di pasar ikan atau yang lebih praktis sarden kaleng di supermarket.

“Campurkan dengan sedikit mayones, perasan lemon dan parsley dan nikmati dengan roti panggang Anda,” ujar Becker.

6. Greek yogurt

Yogurt Yunani alias Greek yogurt memang sempurna untuk bahan tambahan dalam smoothie Anda. Siapa sangka, Greek yogurt juga bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Williams menuturkan Greek yogurt mengandung vitamin D dan kalsium yang membantu mematangkan folikel ovarium dan menguatkan tulang. Ia menyarankan untuk memilih Greek yogurt tanpa kandungan pemanis tambahan.

7. Ubi

Terlihat sepele, rupanya ubi bisa membantu Anda meningkatkan kesuburan. Becker mengatakan ubi banyak mengandung beta karoten untuk membantu produksi hormon progesteron. Cukup dikukus, ubi pun bisa dinikmati sebagai camilan atau pengganti nasi si sumber karbohidrat.

Becker pun membagikan resep praktis untuk menikmati ubi selayaknya avocado toast. Potong ubi menjadi seperempat bagian, taburkan garam dan minyak zaitun lalu panggang selama 20 menit. Setelah itu, oleskan selai almond dan beri untuk memberikan rasa manis.

Tinggalkan Balasan