7 Makanan untuk Membersihkan Pembuluh Darah

KlikQQ – Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung membuat setiap orang waswas akan gejalanya. Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa penyakit jantung diakibatkan penumpukan progresif di pembuluh arteri yang mempersempit dinding bagian dalam sehingga aliran darah mengalami penyumbatan.

Arteri adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Saat arteri tersumbat, besar kemungkinan seseorang terserang penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung.

Untuk menghindari penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia itu, dianjurkan mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan sekaligus menyehatkan arteri. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 makanan untuk membersihkan pembuluh darah.

1. Asparagus
Asparagus merupakan jenis sayuran yang baik untuk membersihkan arteri. Asparagus mengandung banyak serat dan mineral, serta membantu mencegah pembekuan darah. Sayuran ini bekerja di dalam arteri untuk membuatnya tidak menumpuk dan menangkal gumpalan plak. Anda bisa mengonsumsi dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau dimakan mentah.

2. Alpukat

Buah alpukat baik dikonsumsi karena dapat mengurangi kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta membantu membersihkan pembuluh darah. Alpukat juga mengandung vitamin E yang berguna untuk mencegah oksidasi kolestrol dan potasium.

3. Brokoli
Sayuran hijau ini mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri. Selain itu, brokoli juga penuh serat yang bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan mengurangi stres. Stres dapat merobek dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan arteri.

4. Ikan

Konsumsi ikan yang memiliki lemak sehat seperti salmon, makerel, herring, tuna, dan sarden. Asam omega-3 yang ada di dalamnya berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah Anda agar tak terjadi penyumbatan. Jika makan ikan berlemak ini dua kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida, bahkan dapat membantu meningkatkan kadar HDL.

5. Kacang
Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang sangat menyehatkan jantung, sedangkan kacang walnut adalah sumber asam lemak omega-3 nabati yakni asam alfa-linolenat. Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Minyak zaitun
Kandungan nutrisi pada minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan kolesterol seperti asam oleat tak jenuh, asam lemak esensial dan antioksidan. Menggunakan minyak zaitun ketimbang minyak biasa ketika memasak 41 persen lebih kecil terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun. Gunakan sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Namun, meski zaitun lebih sehat, jangan lupa membatasi penggunaannya karena semua lemak masih mengandung jumlah kalori yang sama.

7. Semangka

Buah segar satu ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki asam amino yang dapat memproduksi nitrat dalam tubuh. Nitrat dapat membuat arteri menjadi rileks dan menurunkan risiko penyakit jantung. Asam amino membantu tubuh memproduksi nitric oxide, yang memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Tinggalkan Balasan