7 Makanan Pencegah Pikun

KlikQQ – Apakah Anda sering lupa meletakkan barang? Itu mungkin hanya kejadian kecil dari sekian banyak episode lupa dalam hidup. Setiap orang akan mengalaminya.

Lupa hingga kehilangan memori menjadi bagian dari persoalan medis seperti Alzheimer. Nama terakhir merupakan penyakit neurodegeneratif yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku.

Banyak ahli mengatakan bahwa pencegahan Alzheimer bisa dilakukan dengan berolahraga. Selain itu, imbangi pula dengan kebiasaan merokok, cukup istirahat, dan asupan makanan bernutrisi.

Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk mencegah Alzheimer. Berikut mengutip The Daily Meal.

1. Almond
Almond bisa dijadikan camilan untuk meningkatkan performa otak. Sebuah riset yang diterbitkan dalam Brain Research Bulletin menunjukkan, almond bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Manfaat ini bisa Anda peroleh berkat kandungan vitamin E pada almond. Vitamin E memainkan peranan penting dalam mengatasi gangguan kognitif. Sekitar 28 gram almond bisa memenuhi 37 persen kebutuhan vitamin E.

2. Alpukat
Buah satu ini jadi pilihan sumber lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini bisa meningkatkan kesehatan otak. Sebuah tinjauan dari Canadian Journal of Psychiatry menunjukkan, lemak tak jenuh tunggal penting untuk kesehatan fungsi otak.

Selain itu, studi yang diterbitkan di jurnal Pharmacological Reviews menemukan, lemak berfungsi sebagai antiinflamasi untuk otak sehingga melindunginya dari gangguan kognitif.

Seperti almond, alpukat juga banyak mengandung vitamin E.

3. Blueberry
Anda bisa mengonsumsi blueberry untuk merawat kesehatan otak. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutritional Neuroscience menunjukkan, memasukkan blueberry dalam menu diet bisa menurunkan keparahan terkait gangguan pada fungsi otak.

4. Brokoli
Tak ada salahnya menambahkan brokoli dalam menu harian Anda. Kandungan vitamin K dari brokoli berpengaruh terhadap daya ingat orang dewasa.

Selain itu, riset yang dipublikasikan di BioMed Research International juga menemukan bahwa brokoli memiliki sifat antiinflamasi.

5. Ceri
Seperti blueberry, ceri juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak. Berdasarkan studi yang terbit di jurnal Food and Function, jus ceri dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan fungsi kognitif.

6. Kopi
Tak cuma menjadi bagian dari gaya hidup, kopi juga menawarkan manfaat kesehatan. Studi menemukan, kopi dapat membantu kesehatan otak. Riset yang diterbitkan di jurnal Practical Neurology menyebut, konsumsi kopi bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

7. Cokelat hitam
Cokelat hitam bisa dijadikan camilan setiap hari. Tak perlu merasa bersalah, cokelat hitam menawarkan manfaat buat kesehatan.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang baik untuk otak. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience and Biobehavioral Review menyebut, cokelat hitam dapat meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat seiring terjadinya penuaan.

Tinggalkan Balasan