5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Berlibur ke pantai bisa sangat bermanfaat untuk kita, baik secara mental dan fisik. Pantai adalah obat terbaik saat kita marah, cemas, atau stres.

Selain membuat kesehatan mental kita jadi lebih baik, pantai juga untuk merawat kondisi kulit dan membantu kita membakar lemak.

Nah, berikut adalah manfaat berlibur ke pantai untuk kesehatan. Simak ulasannya!

1. Air pantai bermanfaat untuk merawat kulit dan memicu hormon bahagia

5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Dilansir dari laman Dailymail, air laut kaya mineral yang bisa menjaga kulit dari psoriasis dan eczema dan membantu meringankan hidung tersumbat, sinusitis, dan demam.

Selain itu, pantai juga bisa meningkatkan produksi hormon pemicu rasa bahagia, seperti dopamin dan serotonin.

Berenang di pantai bisa juga menjadi terapi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mental karena dipicu efek restoratif pantai saat kita bersentuhan dengan alam.

2. Angin laut bermanfaat untuk detoksifikasi dan mencegah depresi

5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Angin laut bisa membantu detoksifikasi tubuh. Dilansir dari laman All Better Care, saat kita di pantai, paru-paru kita akan terisi ion-ion negatif yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ion-ion negatif juga mempunyai efek anti-depresi dan memgurangi gejala kecemasan. Udara pantai membuat kita merasa lebih rileks dan mudah tidur.

3. Pasir pantai bermanfaat meluruhkan sel kulit mati dan membakar lemak

5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Pasir pantai adalah obat alami yang bisa meluruhkan sel-sel kulit mati di kaki. Selain itu, dilansir dari laman NBC News, kaki yang berpijak pada pasir pantai yang hangat juga bisa membuat kita rileks.

Berjalan di atas pasir membuat kita lebih sehat dibanding di atas tanah keras. Kita juga bisa lebih membakar lemak tubuh dengan berlarian di atas pasir.

4. Suara ombak berdampak positif pada fungsi otak

5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Suara ombak pantai membawa sensasi damai dan tenang. Dilansir dari laman All Better Care, suara ombak meningkatkan fungsi otak, sehingga membuat kita bisa meredakan emosi.

Dikutip dari laman University of Exeter berjudul Evidence shows ocean sound may help reduce stress and create a sense of calm (2018), otak kita bereaksi positif pada suara percikan air. Sehingga suara ombak punya kemampuan meningkatkan fungsi otak saat kita merasa rapuh.

5. Birunya air dan langit di pantai mengurangi stres

5 Manfaat Berlibur ke Pantai untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Sebuah riset oleh Michigan State University berjudul Ocean views linked to better mental health (2016) mengungkap bahwa tinggal dekat pemandangan laut menurunkan stres.

Hasil riset tersebut menemukan fakta bahwa ada kaitan antara kesehatan dengan warna biru air dan langit.

Dilansir dari laman Lifegate, warna biru akan membuat orang lebih kalem dan rileks. Pantai adalah tempat yang tepat untuk orang-orang yang mencari ketenangan dan kedamaian.

Itulah lima manfaat kesehatan mental dan fisik yang bisa kamu dapat dengan liburan ke pantai.

Tinggalkan Balasan