5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatan yang Tepat

KlikQQ – Kondisi kulit wajah berbeda satu dengan yang lain. Setiap tipe kulit wajah memiliki cara perawatan yang berbeda. Kenali tipe kulit wajah Anda dan cara perawatan yang tepat untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Secara garis besar, terdapat lima tipe kulit wajah yakni normal, berminyak, kering, sensitif, dan kombinasi. Berikut ciri-ciri tiap tipe kulit wajah dan cara perawatan yang tepat, mengutip WebMD dan situs Skinkraft.

1. Kulit wajah normal

Kulit wajah yang normal ditandai dengan tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Kulit normal memiliki produksi sebum yang seimbang dan sirkulasi darah yang baik.

Ciri-ciri kulit wajah normal

– Tidak sensitif

– Pori-pori hampir tidak terlihat

– Kulit cerah.

Cara merawat kulit wajah normal

Pastikan kulit wajah tetap terhidrasi dengan minum yang cukup. Selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kulit kering, berminyak, dan keriput. Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah secara rutin. Gunakan produk yang cocok untuk kulit normal.

2. Kulit kering

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang bertekstur dan kasar. Kadang terasa kencang dan menyebabkan iritasi. Kulit kering dapat disebabkan atau diperburuk oleh genetik, usia, hormon, cuaca, sinar UV, air panas, dan bahan dari kosmetik.

Ciri-ciri kulit wajah kering

– Pori-pori hampir tak terlihat

– Kulit kusam dan kasar

– Bercak merah

– Kulit kurang elastis

– Garis wajah lebih terlihat

– Kulit bisa pecah, mengelupas, gatal, iritasi, atau meradang

– Jika sangat kering, bisa kasar dan bersisik

Cara merawat kulit wajah kering

Gunakan sabun atau pembersih yang ringan dan lembut. Hindari sabun berdeodoran. Jangan terlalu menggosok kulit ketika mandi atau mengeringkan. Aplikasikan pelembab bernutrisi tinggi. Hindari pula suhu udara yang panas. Tak lupa, minum banyak air agar kulit tetap terhidrasi.

3. Kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak merupakan hasil dari produksi sebum yang berlebih. Jenis kulit ini cenderung lebih mengkilap dan lebih mungkin berjerawat.

Ciri-ciri kulit wajah berminyak

– Pori-pori besar

– Kulit kusam atau mengkilap, tebal

– Berkomedo dan berjerawat

Cara merawat kulit wajah berminyak

Bersihkan wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat. Gunakan pembersih yang lembut dan jangan digosok. Hindari memegang dan memencet jerawat. Gunakan produk perawatan kulit yang bersifat non-comedogenic atau yang tidak menyumbat pori-pori. Pastikan kulit terhidrasi.

4. Kulit wajah kombinasi

Kulit kombinasi adalah campuran dari kulit berminyak dan kulit kering. Pada jenis kulit ini, biasanya zona-T yaitu bagian tegak lurus hidung dan dahi berminyak, sedangkan bagian pipi kering.

Ciri-ciri kulit wajah kombinasi

– Pori-pori terlihat lebih besar dari biasanya, karena lebih terbuka

– Berkomedo

– Kulit mengkilap

– Zona-T berminyak dan pipi kering

– Hanya berjerawat di dahi, dagu, dan hidung

– Pipi sensitif

Cara merawat kulit wajah kombinasi

Gunakan pembersih wajah yang lembut. Hindari menggosok terlalu keras pada zona-T. Gunakan dua produk perawatan yang berbeda untuk zona-T dan pipi sesuai kebutuhan. Hindari pula produk yang menyumbat pori-pori.

5. Kulit wajah sensitif

Kulit sensitif merupakan kulit yang mudah bereaksi terhadap sesuatu hal seperti makanan pedas dan produk kosmetik.

Ciri-ciri kulit wajah sensitif

– Kemerahan

– Kering

– Kulit terasa gatal dan kencang

– Bereaksi terhadap perawatan kulit

– Memerah setelah mandi air panas

– Mudah memerah setelah makan makanan pedas

Cara merawat kulit wajah sensitif

Selalu uji produk perawatan atau kosmetik pada kulit sebelum menggunakannya secara penuh. Coba selama 24 jam dan lihat reaksi kulit. Jika cocok, produk bisa dicoba. Jangan berlebihan dalam membersihkan wajah karena dapat membuat kulit bereaksi.

Tinggalkan Balasan